Sunday 4 September 2011

Cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?





Ada beberapa tips ni untuk agan:







1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.

2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.

3. Hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak, oli dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.

4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.

5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI. Tekanan angin ban tubeless saya berkurang secara tidak wajar padahal tidak tertusuk paku.



Apa yang harus saya lakukan?



1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai.

2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.

3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.

4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti ban jika diperlukan.

5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan

dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.

6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya jika perlu.



Pada Ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor

Bagaimana ya cara saya menyimpan ban dengan baik?




1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV.

2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu yang extrim secara terus menerus.

3. Penyimpanan jangan ditumpuk,sebaiknya didirikan satu persatu.

Kata mekanik motor Ban tubeless saya tidak bisa ditambal seperti ban lain, katanya dengan cara khusus dari dalam, apa maksudnya?



Ada beberapa metode dalam menambal ban tubeless, diantaranya adalah:



1.Penambalan dari luar: Adalah metode penambalan yang paling banyak dan sering dilakukan oleh bengkel-bengkel tambal ban.Metode ini bisa dilakukan jika kebocoran pada ban tidak besar dan berada pada area crown.

2.Penambalan dari dalam: Adalah metode penambalan dari sisi dalam ban dengan tambahan material penambal khusus yaitu Rubber Patch. Metode ini diperlukan jika lubang kebocoran pada ban dinyatakan besar atau area kebocoran berada pada area side wall.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEip0vGRqvGOr5dEdV5mUnIlUX3bNpTUOwnSlh46AY-QhA9BQGMnkEPFE0fXnRXX34Whh71lZdR_M8vTdq4LEAT_zrlwJD95ebfc4rkC9R5HVIlOD-VEb3NQEEvFykGxXp9ocU5g5Fx-Vwo/s1600/cara+merawat+ban+toyota+anda_1.jpg









sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10338297

No comments:

Post a Comment