Thursday 1 September 2011

Tips Praktis Memilih Layanan Internet yang Sesuai untuk Anda

Semakin meningkatnya kebutuhan internet untuk keperluan sehari-hari membuat kita perlu mempertimbangkan pemasangan sambungan internet di rumah atau di kantor kita. Banyaknya ISP yang tersedia dan masih mahalnya biaya sambungan internet di negara tercinta kita ini, mengharuskan kita untuk memilih dengan cermat layanan internet yang tepat untuk anda.

Ada berbagai macam sambungan internet yang paling sering digunakan, diantaranya:

fast internet connection Tips Praktis Memilih Layanan Internet yang Sesuai untuk Anda

    Kabel Telepon
    Kabel Modem
    ADSL/SDSL/HDSL
    Serat Optik
    GRPS/EDGE/3G/3,5G/HSDPA (GSM)
    EVDO (CDMA)
    WiFi (802.11a/b/g)
    WiMax (802.16)

Selain itu masih banyak jenis sambungan yang lain yang tidak Babeh sebutkan disini karena kita memang tidak akan berbicara masalah teknis. Kali ini kita akan membicarakan tentang tips praktis untuk memilih layanan internet.

Secara umum, ISP menawarkan paket sambungan internet berbasis waktu (time based) dan berbasis volume (volume/content base). Paket berbasis waktu adalah paket sambungan internet yang mendasarkan perhitungan tarifnya berdasarkan durasi sambungan internet tanpa mempertimbangkan besarnya data yang kita download ataupun kita upload, sedangkan paket berbasis volume adalah paket sambungan internet yang mendasarkan perhitungan tarifnya berdasarkan banyaknya volume data yang kita gunakan tanpa mempertimbangkan durasi atau waktu kita menggunakan sambungan internet.

Selain itu, ISP juga menawarkan berbagai macam cara atau sistem berlangganan. Ada yang menawarkan sistem berlangganan bulanan atau paska bayar dan ada yang menawarkan sistem prabayar. Paket yang ditawarkanpun bermacam-macam, ada yang paket dengan kuota waktu, volume, dan ada juga yang menawarkan paket unlimited.

Agar kita bisa memilih layanan internet yang tepat untuk kita, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya yaitu:

1. Penggunaan Internet
Kita harus mempertimbangkan kebutuhan, tujuan dan kebiasaan kita berinternet. Apakah kita sering menggunakan internet untuk browsing, blogging, chatting, cek email ataukah untuk download dan upload data dengan volume besar. Jika kita lebih sering menggunakan internet untuk browsing, blogging, chatting, atau cek email, mungkin ada baiknya kita mempertimbangkan untuk menggunakan layanan internet berbasis volume karena volume data yang kita download dan upload relatif kecil tetapi durasi waktu yang dibutuhkan relatif lama. Jika kita sering menggunakan internet untuk download dan upload data atau sering menggunakan layanan streaming video online atau tv online seperti youtube, metacafe, google video atau yang lainnya, ada baiknya kita menggunakan layanan internet berbasis waktu karena layanan ini tidak mempertimbangkan berapapun banyaknya volume data yang kita download dan upload.

2. Pengguna Internet
Selain penggunaan internet, kita juga perlu mempertimbangkan pengguna sambungan internet yang kita pakai. Jika sambungan internet tsb kita pakai sendiri, mungkin kita lebih baik memilih paket layanan internet dengan bandwidth kecil karena semakin besar bandwidth sambungan internet, biasanya akan diikuti dengan semakin mahalnya biasa sambungan tersebut.

3. Frekuensi Pemakaian
Frekuensi pemakaian juga perlu kita pertimbangkan. Jika frekuensi pemakaian kita tinggi dan cenderung konstan setiap bulannya, ada baiknya kita mempertimbangkan sambungan internet berlangganan pasca bayar karena biasanya jatuhnya lebih murah, tetapi jika frekuensi pemakaian kita tidak terlalu tinggi dan cenderung tidak konstan setiap bulannya, mungkin ada baiknya kita mempertimbangkan untuk menggunakan sambungan internet pra-bayar.

4. Mobilitas Penggunaan Internet
Mobilitas penggunaan internet juga merupakan bahan pertimbangan yang penting. Jika kita lebih sering menggunakan sambungan internet di kantor atau di rumah, lebih baik kita menggunakan sambungan internet yang bersifat fixed, misalnya kabel telepon, ADSL atau serat optik karena cenderung lebih stabil. Tetapi apabila aktivitas kita menuntut kita untuk mobile, kita lebih baik memilih untuk menggunakan layanan internet mobile yang banyak disediakan oleh ISP yang bekerjasama dengan provider telepon seluler maupun ISP yang diselenggarakan oleh provider telepon selular itu sendiri baik berupa sambungan GPRS, EDGE, 3G, 3.5G, HSDPA (GSM) maupun EVDO (CDMA), atau bisa juga kita memanfaatkan layanan WiFi di lokasi-lokasi yang tercakup layanan hotspot baik yang gratis maupun yang berbayar.

5. Investasi Awal Peralatan
Investasi awal peralatan juga hal yang sangat penting untuk kita pertimbangkan. Untuk membuat sambungan internet dibutuhkan berbagai peralatan yang mau tidak mau harus disediakan, misalnya sambungan telepon, modem, router, antena dsb. Kita harus mempertimbangkan dengan cermat berapa investasi awal peralatan kita dibandingkan dengan tarif sambungan internet yang ditawarkan oleh ISP tertentu. Sebagai gambaran, untuk sambungan internet menggunakan kabel telepon kita membutuhkan jaringan telepon dan modem digital/analog atau ADSL yang harganya sekitar 100rb rupiah atau lebih tergantung dari merek dan kecepatannya. Untuk sambungan wireless internet point to point menggunakan gelombang radio, kita membutuhkan investasi awal peralatan sekitar 2 jutaan belum termasuk towernya. Jika kita menggunakan sambungan menggunakan provider telepon selular CDMA kita membutuhkan handphone atau modem CDMA yang harganya berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah atau bahkan lebih tergantung merek dan kecepatannya. Jika kita berniat menggunakan sambungan internet GSM, kita perlu menyediakan modem GPRS/3G/3.5G/HSDPA yang harganya sekitar 1 sampai 1.5 juta rupiah.

6. Kualitas Sambungan Internet
Bahan pertimbangan yang tidak kalah penting adalah kualitas sambungan internet. Pilihlah sambungan internet dengan harga yang wajar dengan kualitas sambungan yang baik. Biasanya, kualitas layanan berbanding lurus dengan harga, semakin baik kualitasnya, akan semakin mahal harganya, sehingga kita perlu mempertimbangkan dengan cermat. Percuma jika kita menggunakan layanan internet dengan biaya murah jika sambungannya tidak stabil, kecepatan rendah dan sering putus. Lebih baik kita merogoh kantong kita sedikit lebih dalam untuk mendapatkan layanan yang lebih baik karena kalau dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan nantinya akan sama besar atau bahkan lebih besar jika kita menggunakan layanan internet yang jelek baik dari segi waktu maupun dari volume data yang kita gunakan.

Selain bahan pertimbangan diatas, kita juga perlu mencari tahu informasi secara detil ISP-ISP yang ada di kota kita dengan cara bertanya pada teman yang pernah menggunakan layanan ISP-ISP tersebut, membaca-baca di forum-forum yang membahas tentang ISP.

Okey, Babeh kira itu saja dulu, kalau ada saran, tips, pertanyaan atau pengalaman mengenai layanan internet yang pernah anda gunakan, silakan tuliskan di kotak komentar agar bisa berguna bagi pengguna internet yang lain.

SUMBER : http://babeh.net/tips-praktis-memilih-layanan-internet-yang-sesuai-untuk-anda/

No comments:

Post a Comment